Ed Sheeran & Justin Bieber (Single / Warner Music) – I Don’t Care

Jadi, resmi sudah kalau dua sahabat, Justin Bieber dan Ed Sheeran, sekali lagi akan berkolaborasi. Mereka memiliki sebuah single baru berjudul ‘I Don’t Care’. Dan ‘I Don’t Care’ boleh dikatakan memadukan dengan baik gaya bermusik Sheeran dan Bieber. Bayangkan ‘Shape of You’, tapi dalam versi yang lebih laidback dan lowkey, maka itulah ‘I Don’t Care’. Beat-nya masih mengajak pendengarnya untuk berdansa, namun lagu mengusung melankolisme pula, meski tanpa harus terdengar menye-menye. Single dirilis tanggal 10 Mei.


ZAYN & Zhavia Ward (OST. Aladdin / Walt Disney) – A Whole New World

Menyusul Ariana Grande dan John Legend yang membawakan ‘Beauty and the Beast’, maka kini giliran ZAYN dan juga penyanyi pendatang baru, Zhavia Ward, untuk menyanyikan ulang ‘A Whole New World’ untuk “Aladdin”. Diproduseri Saltwives, ‘A Whole New World’ secara struktur masih mengikuti lagu aslinya, meski dibuka dengan gaya humming ala Bollywood, yang mungkin karena keterlibatan ZAYN. Tapi setelahnya ia tetap menjadi sebuah pop melankolis yang cantik. Menariknya, lagu tetap bisa menghadirkan sisi kontemprer yang terdengar segar. Single dirilis tanggal 9 Mei.


Meghan Trainor (Single / Epic) – Badass Woman (From The Motion Picture “The Hustle”)

Meghan Trainor merilis single berjudul ‘Badass Woman’ yang ternyata merupakan soundtrack untuk film yang dibintangi Anne Hathaway dan Rebel Wilson, “The Hustle”. Sesuai judul lagu tentu saja, ‘Badass Woman’ milil Meghan Trainor ini adalah sebuah anthem girl power yang bersemangat. Mengusung electropop ringan, beat-nya memang tidak terlalu up-tempo, sedikit laidback bahkan, namun tetap mengusung enerji yang kuat. Single dirilis tanggal 10 Mei.


Avicii (Alb. TIM / Universal Music) – Tough Love (feat. Agnes & Vargas & Lagola)

Fans kini lagi-lagi bisa mendengarkan salah satu track untuk album posthumous-nya Avicii, yaitu sebuah single berjudul ‘Tough Love’. Ditulis bersama sahabat karibnya, Vargas & Lagola, ‘Tough Love’ masih menghadirkan ciri khas Avicii dalam memadukan pop dan EDM. Dibuka dengan string section dengan pendekatan ala Bollywood, ‘Tough Love’ tanpa basa-basi segera menyajikan melodi catchy yang gampang dicerna dan kaya akan hook pada chorus. Sebuah anthem pop-dance yang sangat radio-friendly, mungkin demikian bisa kita katakan. Selain Vargas & Lagola, single juga dibantu oleh vokal dari Agnes. Single dirilis tanggal 9 Mei.


David Guetta (Single / Warner Music) – Stay (Don’t Go Away) [feat. Raye]

Selepas merilis album “7” di akhir 2018, bukan berarti David Guetta memilih untuk istirahat panjang. Malahan ini sudah merilis beberapa single lain, termasuk yang paling baru, ‘Stay (Don’t Go Away)’, di mana ia mengajak bintang asal Inggris, Raye, untuk membantu. Di dalam lagunya Guetta menghadirkan pendekatan yang lebih klasik, yaitu house yang laidback dan mengusung ritme groovy ala funk. Hasilnya sebuah track yang euforik, bouncy dan pastinya catchy. Sebuah anthem house music yang tak benar-benar meleas cita-rasa pop-nya. Single dirilis tanggal 9 Mei.


James Arthur (Single / Columbia) – Falling like the Stars

Untuk urusan balada, James Arthur memang bisa diandalkan. Kini ia punya balada baru yang bertajuk ‘Falling Like The Stars’, yang dipastikan tetap menghadirkan kekuatan vokal James dalam lagu seperti ini. Dengan musik latar yang melantun lembut, James bernyanyi tentang masa depan yang mungkin tidak jelas, namun yang diinginkannya hanyalah sebuah kehidupan sederhana saja. Instruman secara umum menggunakan denting gitar akustik, piano dan string, sehingga menambah kesan syahdu dalam lagu. Sementara bassline yang tebal menambah sisi dramatis pula. Single dirilis tanggal 10 Mei.


James Bay (EP. Oh My Messy Mind / Republic) – Bad

Tepat pada tengah malam di tanggal 9 Mei, James Bay secara mengejutkan merilis sebuah EP berjudul “Oh My Messy Mind”. Salah satu lagunya berjudul ‘Bad’, yang pastinya masih mengandalkan balada emosional. Bay akan mengajak pendengarnya untuk larut dalam sisi melodramatis lagunya yang berkisah tentang cinta yang bermasalah ini. Pop-soul masih menjadi usungan Bay dalam lagu, sementara ia dengan baik menghadirkan kekuatan vokalnya yang kadang lirih, dan kadang powerful, sehingga mampu mengaduk-aduk perasaan. Sebuah balada yang pas bagi yang galau untuk masalah percintaan.


Dinah Jane (Single / HITCO) – Retrograde

Dinah Jane kembali ke ranah bop dengan menghadirkan single barunya, ‘Retrograde’. Diproduseri J.R. Rotem, lagu dengan baik menjadi platform bagi Dinah Jane untuk memamerkan jangkauan vokalnya yang luas dan kaya dinamika, sementara beat berderap dengan enerjik. Meski begitu, sebagai bop, ‘Retrograde’ tetap dibalut dengan R&B yang kuat, dibandingkan ‘Bottled Up’ yang lebih condong ke pop. Mungkin ini menjadi gambaran akan warna untuk album solo Dinah Jane mendatang nantinya. Single dirilis tanggal 8 Mei.


Two Door Cinema Club (Alb. False Alarm / Prolifica Inc.) – Satellite

Alex Trimble, Sam Halliday dan Kevin Baird yang tergabung dalam Two Door Cinema Club telah menyusul single mutakhir mereka, ‘Talk’, dengan single baru lain, ‘Satellite’. ‘Satellite’ sendiri masih mengusung dance-rock-electropop sebagaimana umumnya single Two Door Cinema Club, namun di dalamnya trio ini mencoba mengemasnya dalam sebuah pendekatan retro ala synth-pop yang groovy. Dan ternyata upaya mereka tidak salah, karena ‘Satellite’ bisa menambah daftar hit klasik milik Two Door Cinema Club. Single dirilis tanggal 24 April.


blink-182 (Single / Sony Music) – Blame It On My Youth

Blink-182 telah merilis sebuah single baru yang berjudul ‘Blame It On My Youth’, yang merupakan lagu pertama mereka rilis setelah berada di bawah naungan Columbia Records. ‘Blame It On My Youth’ diproduseri Tim Pagnotta (Strumbellas, Plain White T’s) dan mengusung melodi yang mengingatkan akan track-track yang kaya akan gairah remaja seperti yang dulu kerap dibawakan Blink-182 di awal karirnya. Meski pop-catchy terdengar lebih kental mendominasi ketimbang punk itu sendiri, tapi aura dan semangat bergeloranya tetap bisa kita rasakan. Single dirilis tanggal 8 Mei.


Dimitri Vegas & Like Mike & Paris Hilton (Single / Sony Music) – Best Friend’s Ass

Ada yang paling baru dari Paris Hilton, ‘B.F.A.’. Memang ini bukan single solo Paris, karena ia hadir untuk membantu duo DJ, Dimitri Vegas & Like Mike. Merupakan singkatan dari “Best Friends Ass”, ‘B.F.A.’ adalah sebuah anthem club yang catchy. Ada alasa mengapa Paris dilibatkan memang, karena lagunya dengan sengaja memanfaatkan imej sosialitas Paris dalam lagu, seperti mengkonsumsi narkoba di toilet club atau bangun setelah siang. Fun dan seru memang tujuan dari ‘B.F.A.’, sehingga tidak heran jika sebagian besar liriknya dibawakan secara singtalk. Single dirilis tanggal 10 Mei.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.